Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector

Di artikel sebelumnya sudah dijelaskan mengenai Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016 kemudian pada artikel ini akan membahas tetang Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector yang merupakan masalah umum yang sering terjadi pada hardisk yang masih menggunakan model piringan. Lalu apa itu bad sector?
Bad Sector adalah keadaan dimana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data. hal ini sering terjadi karena beberapa hal, misalnya putusnya koneksi saat adanya proses transfer data atau disebabkan oleh benturan yang menyebabkan kerusakan secara permanen.
Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector

Yang menjadi penyebab bad sector pada hardisk adalah sebagi berikut.
  1. Mematikan komputer dengan cara yang salah, maksudnya adalah mematikan komputer dengan langsung mencabut colokan stop kontak atau karena adanya pemadaman listrk dari PLN.
  2. Cacat produksi, hardisk adalah komponen yang yang sangat mudah terjadi kerusakan meskipun hanya karena terjadi benturan yang tidak terlalu keras.
  3. Virus atau Malware, Virus yang menginfeksi komputer juga merupakan salah satu penyebab bad sector.
Bad sector pada hardisk ada dua yaitu hard bad sector dan soft bad sector.
Hard bad sector adalah kerusakan fisik pada komponen device hardisk itu yang biasanya sulit untuk diperbaiki. dan Soft bad sector adalah kerusakan pada hardisk karena error atau teknena virus yang bisa masih bisa di perbaiki.

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector 
Menggunakan Software Windows
  1. Buka Windows Explorer atau My Computer
  2. Klik kanan>properties pada partisi yang akan diperbaiki
  3. Pada menu Properties, pilih tab Tools


  4. Klik Check Now pada bagian Error Checking
  5. Klik start lalu tunggu prosesnya samapai selesai
Selain dengan menggunakan software bawaan, memperbaiki hardisk bad sector juga bisa menggunakan software pihak ketiga.
  1. HDD Generator
    HDD regenerator adalah software yang dapat memperbaiki bad sector yang terjadi pada hardisk. Lebih dari 60% bad sector dalam hardisk dapat diperbaiki oleh HDD regenerator.
    Keunggulanya diantaranya memiliki kemampuan untuk mendeteksi sektor fisik buruk pada permukaan hard disk drive, kemampuan untuk memperbaiki sektor fisik buruk (kesalahan magnetik) pada permukaan hard disk, memungkinkan regenerasi mulai proses regenerasi di DOS secara otomatis.

  2. HDD Low Level Format
    HDD Low Level Format Tool menggunakan teknik format tingkat dasar yang dapat menghilangkan bad sector pada hardisk. HDD Low Level Format Tool juga mendukung format transfer data hardisk yang beragam seperti S-ATA (SATA), IDE (E-IDE), SCSI, SAS, USB, dan FIREWIRE. Selain itu HDD Low Level Format Tool juga mendukung format untuk card storage seperti SD, MMC, MemoryStick dan CompactFlash 
Jika kerusakan hardisk sudah sangat parah sebaikanya backup data yang ada pada hardisk dan disarankan untuk membeli hardisk baru atau bisa menggunakan SSD.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector"

Post a Comment