Perbedaan Mode Sleep dan Mode Hibernate

Kadang-kadang ada dimana saat kamu tidak berhasil mengerjakan semua tugas yang ada di komputer. Atau kamu pernah ketiduran saat mengerjakan tugas tersebut dan membiarkan laptop kamu menyala, begadang sendiri menatap heningnya malam. Atau bisa juga kamu malas membuka semua file dan sumber sehingga membiarkan komputer tersebut menyala. Membiarkannya terjaga adalah salah satu cara agar kamu bisa mengerjakan tugas tersebut dengan cepat dan mudah.
Pada akhirnya laptop atau komputer kamu akan mati dengan sendirinya dengan mode Sleep. Mode ini menggunakan power yang lebih kecil dan kamu bisa mulai mengerjakan tugas ketika dihidupkan kembali.





Sleep
Mode sleep sebenarnya dibuat untuk menghemat baterai pada saat komputer sedang tidak digunakan oleh penggunanya. Mode sleep ini sangat membantu tetapi terkadang malah merepotkan, membantu karena dapat menghemat penggunaan listrik dan menyimpan aplikasi yang tadinya sedang dibuka sehingga tidak tertutup pada saat mode sleep, merepotkan apabila komputer sedang ditinggal secara sengaja karena sedang mendownload dan tiba-tiba masuk ke mode sleep secara otomatis download akan terpause dan percuma juga kita meninggalkan komputer tersebut. 

Cara kerja mode sleep yaitu menyimpan memory aplikasi yang sedang dibuka ke dalam RAM lalu mematikan hampir semua komponen komputer kecuali RAM dan beberapa komponen lainnya seperti lampu indikator sehingga mode ini sangat menghemat penggunaan listrik atau baterai. Pada saat kita menyalakan komputer dari mode sleep, kita akan melihat aplikasi yang masih terbuka.






Hibernate
Mode Hibernate atau hibernasi sering kita dengar jika sedang membicarakan hewan yang tidurnya sangat lama, hibernasi binatang pun mirip dengan hibernasi pada komputer. Mode hibernate hampir sama seperti mode sleep yaitu saat kita memilih mode hibernate maka data aplikasi yang sedang terbuka akan tersimpan. 


Tetapi perbedaannya bisa kita lihat dari media penyimpanan yang digunakan oleh mode hibernate dan mode sleep. Jika mode sleep menggunakan RAM sebagai tempat penyimpanan data yang sedang dibuka, hibernate menggunakan harddisk sebagai tempat penyimpanan data yang sedang dibuka. Cara kerjanya yaitu Hibernate akan menuliskan semua memory yang ada di RAM ke harddisk, sehingga RAM akan kosong dan komputer dimatikan secara otomatis dengan cara di-shutdown.
Ada juga perbedaan lainnya yaitu mode hibernate lebih hemat listrik (bahkan tidak menggunakan listrik sama sekali) daripada mode sleep karena mode hibernate akan mematikan semua hardware layaknya shutdown tetapi tetap menyimpan data RAM di harddisk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Mode Sleep dan Mode Hibernate"

Post a Comment