4 Kategori Jaringan Komputer

Perkembangan zaman memang sangat cepat meningkat dan bertumbuh pesat dari hari ke hari nya, tak mengelakkan bahwa manusia di hidup zaman modern ini sudah bergantung pada smartphone yang sangat butuh akan akses internet dari yang rendah hingga sangat cepat berdasarlan teknologi jaringan komputer yang digunakan. 

Teknologi jaringan komputer dapat di bedakan berdasarkan kecepatan dan media transmisi yang digunakan pada setiap topologi jaringan. Maka kategori kecepatan jaringan komputer dapat di bedakan menjadi 4 kategori jaringan komputer. Berikut ini penjelasan nya.

1. Jaringan komputer berkecepatan rendah/low speed network.

Jaringan dengan kategori ini biasanya memiliki kecepatan kurang dari 1 Mbps dan jarang di gunakan oleh perusahaan – perusahaan pengguna jaringan. Kategori ini hanya untuk percobaan di laboratorium – laboratorium jaringan komputer.

2. Jaringan komputer berkecepatan sedang/medium speed network.

Kategori jaringan dengan speed midle ini memiliki kecepatan 1-20 Mbps kategori ini dapat digunakan oleh perusahaan kecil yang tidak terlalu mementingkan kecepatan transfer data. Peralatan yang  digunakan biasanya ethernet card, nic atau kartu jaringan 10 Mbps, kabel coaxsial, conector RG 58, dan HUB, maka kalian dapat membuat jaringan kategori sedang ini.

3. Jaringan Komputer berkecepatan tinggi/high speed network.

Jaringan ini memiliki kecepatan lebih dari 20 Mbps, transmisi data tidak hanya berupa teksi, tapi bisa juga berupa gambar. Teknologi yang digunakan pada kategori ini diantaranya adalah FDDI, ATM, 100 VG any Lan, dan ethernet.

4. Jaringan Komputer berkecepatan sangat cepat/super high speed network.

Kategori jaringan ini sangat sering dipakai oleh perusahaan – perusahaan yang membutuhkan jaringan komputer yang sangat cepat. Hingga saat ini kecepatan yang bisa dicapai adalah 10 Gbps. Dengan kecepatan ini maka apapun bisa dilakukan, tidak hanya berupa teks , gambar namun bisa juga untuk voice dan streaming video tanpa buffering. Aktivitas download lagu atau pun film juga sangat cepat. Teknologi yang digunakan biasanya adalah ethernet dan fiber.


Sumber : http://muhamad-azhari.blogspot.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Kategori Jaringan Komputer"

Post a Comment