Cara Ampuh Mengatasi Launcher Telah Berhenti di Android

8 Cara Ampuh Mengatasi Launcher yang Berhenti di Ponsel Android dengan Mudah – Launcher merupakan aplikasi yang memudahkan pengguna android karena dengan launcher pengguna bisa merubah tampilan ponsel, menambah shortcut dan hal lainnya. Launcher berperan sangat penting untuk ponsel Android, karena tanpa launcher maka ponsel android tersebut tidak bisa digunakan.
cara mengatasi launcher berhenti

Cara Mengatasi Launcher Telah Berhenti / Keluar Sendiri
Dengan terpasangnya launcher pada android maka aplikasi pada ponsel akan muncul semua dan untuk membukanya tinggal tap pada menu launcher maka otomatis aplikasi akan langsung terbuka.

Cara Mengatasi Launcher Telah Berhenti / Keluar Sendiri di HP Android

Namun launcher juga bisa mengalami problem yaitu tiba-tiba macet atau berhenti mendadak bisa juga mengalami “force close” atau yang sering disebut tiba-tiba berhenti, hal ini sangat menjengkelkan bagi pengguna ponsel android tentunya namun pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan cara mengatasi memperbaiki launcher telah berhenti.

#1. Restart Smartphone Anda                    
Pada saat ponsel Android di restart otomatis aplikasi yang berjalan akan diberhentikan, sehingga ketika ponsel menyala kembali maka ia dalam keadaan fresh atau seperti pada saat awal aplikasi tersebut di buka. Cara ini merupakan cara dilakukan, karena tidak akan menyebabkan ponsel anda error atau mengalami problem lagi.

#2. Hapus Data dan Cache Aplikasi
 Jika anda menghapus data aplikasi maka pengaturan pada aplikasi tersebut akan kembali seperti semula. Namun dengan cara ini anda bisa mengatasi launcher yang force close atau tiba-tiba berhenti tentunya tidak masalah bukan ? lebih baik kembali seperti semula dan bisa diolah lagi daripada harus menghadapi launcher yang macet atau yang lain sebagainya. Adapun caranya adalah sebagai berikut saya menjelaskan metodenya menggunakan Samsung.
  1. Buka Pengaturan
  2. Kemudian pilih dan klik Manajer Aplikasi
  3. Jika sudah silakan pilih dan klik tab Semua, kenapa Anda harus memilih tab tersebut? Karena launcher bawaan ponsel Android tidak ditampilkan pada tab Download
  4. Setelah itu, silahkan cari nama launcher yang bermasalah untuk contoh bisa dengan nama launcher Samsung TouchWiz depan atau launcher pihak ketiga yaitu Nova Launcher
  5. Kemudian setelah step diatas sudah dilakukan pilih dan klik Hapus cache kumudian Hapus data.

#3. Jangan Terlalu Banyak Menginstall Aplikasi
Setiap ponsel memiliki kapasitas yang berbeda-beda tergantung spesifikasi masing-masing. Jika anda terlalu banyak menginstall aplikasi atau tergolong orang yang suka mengoleksi aplikasi sebelum melakukan kegiatan tersebut silahkan anda memahami dulu spesifikasi ponsel anda sendiri sehingga ponsel tidak mengalami kelebihan kapasitas.
Apakah hal ini sangat berpengaruh ? tentunya iya, coba bayangkan jika ponsel mengalami kelebihan kapasitas tentunya kinerja menjadi lambat launcher juga akan mengalami kendala bisa macet atau tiba-tiba behenti “force close” oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda hobi mengoleksi aplikasi namun alangkah baiknya sebelum melakukan kegiatan tersebut pahami dulu spesifikasi ponsel anda terlebih dahulu.

#4. Banyak Aplikasi yang Berjalan di Background   / Latar Belakang
 Perlu anda ketahui bahwa apliaksi yang berjalan di latar belakang itu banyak sekali memakan RAM, untuk mengatasi hal ini silahkan anda cek dulu jika memang iya banyak dan aplikasi tersebut dirasa kurang penting bisa anda paksa berhenti beberapa aplikasi untuk meringankan RAM pada ponsel anda karena RAM yang penuh juga bisa berdampak pada launcher yang lemot dan tentunya dapat mempengaruhi kinerja ponsel anda oleh karena itu saran saya jika ada aplikasi yang kurang penting berjalan atau sedang aktif silahkan paksa berhenti saja jika memang kurang penting.

#5. Mengganti dengan Launcher Pihak Ketiga
 Mengganti launcher adalah salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi launcher ponsel android yang tiba-tiba berhenti, jika sudah diganti namun tetap saja tidak ada perubahan maka silahkan anda download saja launcher di google playstore disana ada banyak launcher dengan berbagai fitur yang banyak dan dibilang tidak membosankan tergantung selera anda dan bagaimana cara anda memilih launcher yang pas pada ponsel anda. Salah satu rekomendasi yang baik menurut saya adalah Nova Launcher karena banyak orang yang menyukai launcher tersebut.

#6. Pindai dengan Antivirus Terpercaya
Virus atau malware merupakan sebuah program yang dibuat dengan tujuan memang untuk merusak, virus sendiri bisa merusak launcher sehingga seperti yang kita lihat launcher bisa force close, macet, gancet, atau bahkan error. Untuk mengatasi hal ini silahkan pindai dengan menggunakan antivirus sesuai selera anda dan yang menurut anda terbaik juga terpercaya untuk rekomendasi saya sarankan menggunakan antivirus Malwarebytes Anti-Malware, karena antivirus ini tergolong antivirus yang mempunyai performa baik dan juga terpercaya menurut saya.

#7. Factory Reset / Reset Ulang
Cara ini merupakan cara yang cukup memiliki resiko, karena akan membuat ponsel anda kembali ke pengaturan pabrik atau sering disebut dengan riset pabrik, jika melakukan cara ini ponsel anda akan seperti baru seperti baru keluar dari pabrik. Semua data pada memori internal akan terhapus begitupun dengan aplikasi yang diinstal. Jika ingin menggunakan cara ini silakan backup terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan agar data penting tidak hilang. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Masuk ke Pengaturan
  2. Pilih dan klik Cadangkan dan reset
  3. Setelah itu pilih dan klik Reset data pabrik
  4. Kemudian tunggu beberapa menit sampai prosesnya selesai. Untuk factory reset bisa dilakukan dengan 2 cara, cara pertama bisa lewat Pengaturan seperti yang dijelaskan diatas dan cara kedua lewat mode recovery.

 #8. Update / Perbarui Firmware
Update firmware bisa difungsikan untuk mengurangi bug pada ROM dan tidak hanya itu ternyata bisa juga digunakan untuk mengatasi launcher yang force close. Maka dari itu untuk mengatasti launcher yang tiba-tiba berhenti cara ini bisa dilakukan dan bisa juga dicoba.
Biasanya ketika mengupdate / updating otomatis akan melakukan perbaikan system, aplikasi yang ada didalamnya juga akan menjadi aplikasi yang terbaru. Silakan Anda bisa mencoba cara ini bisa mencoba lewat ponsel langsung atau lewat tool yang ada di PC anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Launcher Telah Berhenti di Android"

Post a Comment