Tips Untuk Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Baterai merupakan komponen yang sangat penting untuk laptop, pasalnya jika laptop langsung dihubungkan ke arus listrik tanpa menggunakan baterai akan dapat merusak komponen lain di dalam laptop. Oleh karena itu baterai perlu perhatian khusus agar bisa bertahan lama dan awet tentunya. Pada postingan ini aka saya bahas mengenai cara untuk merawat baterai agar bisa tahan lama.

tips-untuk-merawat-baterai-laptop-agar-tahan-lama

Tips Untuk Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama
  1. Pastikan melakukan setting pada pengaturan baterai Anda denga tepat. Aturlah periode Sleep laptop agar memungkinkan Anda untuk menonaktifkan layar dan hard disk setelah jangka waktu tertentu laptop tidak digunakan. Tentukan periode ini sesingkat mungkin untuk memkasimalkan usia atau masa pakai baterai.
  2. Nonaktifkan Bluetooth dan Wifi ketika tidak diperlukan. Ketika sedang menonton film, atau mengetik dokumen dan tidak memerlukan aktivitas online sebaiknya untuk dimatikan.
  3. Kurangi kecerahan cahaya pada layar atau disesuaikan dengan kondisi di ruangan. Disatu sisi layar terang akan membuat tulisan terlihat lebih jelas, tetapi mengatur layar yang terlalu terang  akan menggunakan banyak daya.
  4. Matikan screen saver. Screen saver mengkonsumsi daya jauh lebih tinggi karena CPU aktif dan VGA serta layar digunakan juga. Hal ini sama dengan menonton vidoe pada laptop.
  5. Lepaskan setiap perangkat ekstenal yang tidak dibutuhkan
  6. Periksa juga program startup dan program aktif serta menutup program yang tidak perlu. Program startup yang terlalu banyaka akan menyebabkan baterai laptop loading lama. Dan hal tesebut akan membutuhkan banyak memori virtual sehingga terlalu banyak menggunakan akses hard disk
  7. Update BIOS dan Driver. Produsen komputer melakukan perbaikan software mereka sepanjang waktu untuk memperbaiki cara hardware digunakan. Memperbarui BIOS akan memastkan bahwa Anda telah memiliki versi terbaru dan memberikan kompatibilitas maksimum dengan penghematan daya semua fitur sistem operasi. Hal yang sama berlaku untuk driver perangkat keras, termasuk mode penghematan daya hardware.
Sekian untuk tips merawat baterai pada laptop.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Untuk Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama "

Post a Comment