Perbedaan Soft Reset Dan Hard Reset di Android

Perbedaan Soft Reset Dan Hard Reset Pada Android. Jika kita mengalami lupa kata sandi atau password pada android, biasanya kita akan melakukan Factory Reset melalui CWM atau Recovery Mode apabila handphone kita sudah terpasang CWM.. Nah pertanyaanya adalah banyak yang menyebutkan Soft Reset dan Hard Reset tetapi kadang banyak juga yang terbalik atau bahkan salah paham dalam mengartikanya, lalu apakah sebenarnya pengertian dari Soft Reset dan Hard Reset pada Android itu?


Perbedaan Soft Reset Dan Hard Reset Pada Android

Soft Reset

Soft Reset adalah proses untuk mengembalikan pengaturan handphone kembali sama ke pengaturan pabrik. Atau lebih tepatnya mengembalikan pada pengaturan seperti baru saja membeli handphone tersebut. Dengan kita melakukan Soft Reset, aplikasi yang kita install sebelumnya, dan foto foto di folder ataupun file yang ada di SD CARD akan masih tetap aman. Tidak masalah. Tapi demi keamanan juga tidak ada salahnya jika anda melakukan Back Up untuk jaga-jaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.
Bagaimana cara kerja dari Soft Reset ? Pada saat kita melakukan Soft Reset maka handphone akan kembali memperbaiki apa saja yang rusak dan akan membuat seperti sedia kala pada saat kita pertama kali membeli android tersebut, pada dasar nya sistem akan mengenali perubahan terakhir kali selanjutnya akan membuat tampilan menjadi lebih fresh. Jika ada masalah, sistem akan meminta agar segera melakukan pemindaian atau scanning di SD Card, karena SD Card mudah mengalami kerusakan.

Hard Reset

Hard reset juga yang sering disebut dengan ” Factory Reset “. Sesuai dengan nama nya Hard reset adalah merupakan proses yang lebih serius dalam melakukan penghapusan di dalam system android kita. Dengan kita melakukan Hard Reset maka otomatis akan menghapus semua data yang terdapat di PDA atau smartphone kita dan akan mengembalikannya seperti awal kita melakukan pembelian. Sebelum melakukan Hard Reset, lebih baik anda menyimpan dahulu atau melakukan Back Up semua data dan menyimpannya di dvd atau media penyimpanan online yang aman.

Pengertian lain untuk Hard Reset, adalah pengaturan pada android agar mengembalikan settingan handphone kembali ke awal, dengan cara menghapus seluruh isi data yang ada di handphone beserta semua aplikasi yang sudah di install sebelumnya, SEMUA tanpa terkecuali. BiasanyaHard Reset ini dilakukan sebagai cara terakhir jika handphone kita terjadi suatu masalah yang berkelanjutan, biasanya karena Mallware atau Virus, aplikasi yang tidak cocok, atau apapun itu, sebab aplikasi yang tidak cocok bisa menyebabkan handphone Crash. Dan bila ternyata sudah melakukan Hard Reset masih mengalami masalah, maka handphone tersebut sudah harus kita lakukan Flashing / instal ulang OS (Operating System).

Demikian sedikit pembahasan mengenai perbedaan antara Soft Reset dan Hard Reset pada Android. Sebenar nya pada perangkat elektronik lainnya seperti Komputer, Laptop, Tablet dan lainnya juga bisa di artikan demikian. Sebaiknya gunakan lah handphone sesuai standart nya saja sehingga kemungkinan rusak atau trouble sedikit jadi tidak perlu melakukan Soft Reset atau pun Hard Reset. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Soft Reset Dan Hard Reset di Android "

Post a Comment