Fungsi Root Android Yang Wajib Diketahui





Fungsi Root Android Yang Wajib Diketahui. Bagi para pengguna Android terutama yang hobi mengotak atik handphone tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Root. Namun bagi orang yang baru memakai device Android mungkin saja jarang mendengar yang nama nya Root ini. Nah pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas tentang apa yang di maksud kan dengan Root dan apa saja kah fungsi nya jika device Android kita di Rooting.


Pengertian Root
Root berasal dari bahasa Inggris yang berarti " Akar " dan dalam Android sendiri pengertian Root adalah modifikasi sistem yang mengakibatkan kita bisa memiliki hak akses penuh dari Handphone tersebut. Dengan memiliki hak akses Root kita bisa sesuka hati memodifikasi seluruh bagian Handphone ( dalam hal ini Software ) sehingga performa nya bisa meningkat dari Handphone lainnya di pasaran yang tidak memiliki hak akses Root.


Namun jika kita salah dalam melakukan modifikasi tentunya akan berakibat yang tidak baik bagi Android kita. Maka dari itu berhati hati lah untuk memodifikasi Android kita setelah melakukan Rooting tersebut. Sebenar nya tanpa melakukan Rooting pun handphone sudah memiliki performa yang bagus, namun bagi sebagian orang memodifikasi Android sesuai keinginan adalah sesuatu yang menarik dan memberikan kepuasan tersendiri. Sebelum melakukan Rooting pada Android sebaik nya anda harus mempertimbangkan sisi positif dan negatif nya, berikut fungsi dan akibat dari melakukan Rooting Android.

Keuntungan Melakukan Rooting Pada Android


Memiliki Hak Akses Penuh
Dengan melakukan Rooting kita akan memiliki hak akses penuh kedalam device tersebut, hak akses penuh tersebut bisa di artikan kita bisa merubah apa saja yang ada di dalam Android sesuka hati layak nya kita adalah pembuat dari Android tersebut. Misal nya kita bisa mengurangi atau menghapus aplikasi bawaan dari Android yang sebenarnya tidak bisa dihapus jika device kita tidak memiliki akses Root.

Custom Rom Sesuka Hati
Setiap perusahaan ponsel pintar Android seperti Samsung, Sony, Asus, dan merk merk baru yang mulai merangkak naik seperti Xiaomi, Evercross dan beberapa merk dari China lainnya pasti memiliki Rom sendiri yang khas atau berbeda dengan pabrikan lain. Jika kita memiliki akses Root di device Android, kita bisa melakukan kustomisasi Rom sesuka hati, misal kan dengan Android Samsung kita bisa menggunakan Rom dari Xiaomi atau Asus, dengan Android Sony kita bisa menggunakan Rom dari Asus dan lain sebagai nya. Dengan melakukan Curtom Rom tentunya akan membuat tampilan Android kita lebih fresh dan tidak nampak membosankan.

Install Aplikasi Lebih Banyak
Pada Android sebenarnya banyak aplikasi yang bertebaran namun beberapa di antara tidak bisa kita install jika kita tidak memiliki hak akses Root. Dengan melakukan Rooting pada Android kita tentunya bisa lebih leluasa memilih dan menginstall banyak aplikasi yang kita ingin kan. Dan biasa nya aplikasi yang mengharuskan Android memiliki hak akses Root adalah aplikasi yang sangat berguna untuk device kita.

Performa Device Meningkat
Masih berhubungan dengan manfaat di atas, banyak aplikasi aplikasi yang berfungsi meningkat kan performa Android kita namun sayang nya aplikasi tersebut mengharuskan kita memiliki hak akses Root. Beberapa aplikasi yang memerlukan akses Root tersebut di antara nya adalah Greenify, Link2sd, Adblock Plus, Freedom, Xposed Installer, Seeder dan masih banyak aplikasi lainnya yang bisa meningkat kan performa Android anda.

Kerugian Melakukan Rooting Pada Android
Selain memilik berbagai kelebihan seperti saya jelaskan di atas, membuka hak akses Root pada device Android juga memiliki berbagai kerugian. Di antara nya adalah hilangnya garansi dari service center handphone kita, berpeluang masuk nya banyak virus, dan berbagai kerugian atau bahaya lainnya. Kebetulan sebelumnya saya telah membuat bahasan khusus tentang bahaya atau kerugian jika kita melakukan Rooting pada Android.

Fungsi utama melakukan Rooting biasa nya adalah untuk meningkatkan performa dari Android sendiri. Tapi perlu di perhatikan juga kalau Rooting juga memiliki berbagai kekurangan jika kita salah dalam melakukan langkah langkah nya. Semoga sedikit artikel tentang Fungsi Android Yang Wajib Diketahui ini bermanfaat dan sampai jumpa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Root Android Yang Wajib Diketahui"

Post a Comment