Cara Membuat Jaringan Wifi Ad Hoc di Windows 8.1

WiFi merupakan teknologi wireless (jaringan komunikasi tanpa kabel) yang saat ini banyak dipakai untuk membuat jaringan kecil hingga besar.  Selain menggunakan WiFi, media yang bisa digunakan pada jaringan wireless ini diantaranya adalah Bluetooth, Infrared Data Association (IrDA) dan HomeRF.

Pengertian WiFi Menurut wikipedia merupakan singkatan dari Wireless Fidelity ini adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu: 802.11a, 802.11b, 802.11g dan 802.11n yang mempunyai data rate up to 300Mbps (downlink) and 150Mbps (uplink).

Apa itu Jaringan Wifi Adhoc?
Jaringan WiFi Ad hoc  adalah mode jaringan WiFi yang memungkinkan dua atau lebih device (komputer atau router) untuk saling berkomunikasi satu sama lain secara langsung (peer to peer) tanpa melalui Central Wireless Router atau Acces Point (AP). Sedangkan jaringan WiFi yang menggunakan sebuah Acces Point Router untuk menghubungkan antara semua client dengan sumberdaya jaringan lainnya disebut jaringan WiFi mode  Infrastructure.

Cara Membuat Jaringan Wifi Ad Hoc di Windows 8.1

1. Jalankan Command Prompt (CMD) dengan cara, tekan tombol keyboard windows + R, ketik "CMD" tekan enter. setelah itu akan keluar jendela CMD lalu ketikkan "netsh wlan show drivers" tekan enter.


setelah hasilnya keluar, cari Hosted Network Supported, jika hasilnya 'YES' maka laptop kamu bisa dipakain untuk membuat jaringan ad hoc, namun jika hasilnya 'No' maka hardware kamu tidak support untuk membuat jaringan ad hoc.

2. Setelah mengetahui bahwa perangkat support untuk membuat ad hoc, selanjutnya kita akan membuat account SSID wifi yang nantinya akan dijadikan jaringan Ad Hoc, caranya sebagai berikut :

buka CMD seperti langkah pertama, lalu ketikkan perintah


"netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA-JARINGAN-ADHOC key=PASSWORD-YANG-DIINGINKAN"

*ganti huruf yang diberi warna merah sesuai dengan keinginan kita karena nantinya nama serta password tersebutlah yang akan dipakai oleh client adhoc kita.
*password minimal terdiri dari 8 karakter tanpa tanda spasi.

3. setelah SSID dan password dibuat, selanjutnya hanya tinggal kita eksekusi Jaringan Ad-Hoc Pada Windows 8.1 ini. caranya dengan mengetik perintah

"netsh wlan start hostednetwork"

lalu tekan enter. akan muncul notifikasi sukses The hosted network started


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Jaringan Wifi Ad Hoc di Windows 8.1"

Post a Comment