Bahaya Melakukan Root Pada Android

Bahaya Melakukan Root Pada Android. Root adalah melakukan proses pada android untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar dan perangkat lain yang berjalan menggunakan sistem operasi Android untuk memperoleh kontrol yang lebih tinggi (untuk pada linux disebut dengan nama super user). Karena Android menggunakan kernel Linux, oleh karena itu ini memberikan akses ke dalam hak untuk mengoprek sistem-sistem di dalamnya seperti pada Linux atau sistem operasi lainya yang menggunakan kernel Linux, seperti Kali Linux atau OS X.
Proses root ini dilakukan untuk memperoleh hak akses lebih tinggi yang dibatasi oleh pabrik pembuat perangkat lunak pada handphone anda. Oleh karena itu, proses ini akan memberikan keleluasaan (atau hak akses) yang bisa kita gunakan untuk mengoprek atau mengganti beberapa aplikasi sistem dan pengaturannya, menjalankan aplikasi khusus yang membutuhkan izin administrator, atau menjalankan operasi lainnya yang tidak dapat dilakukan oleh pengguna Android biasa. Namun tidak semua proses dari rooting android akan berhasil, ada juga yang akan mengalami kegagalan, nah kalau gagal pastinya ada resiko kerusakan pada android anda, lalu apa saja bahaya melakukan root pada android?
Bahaya Melakukan Root Pada Android

Bootloop

Resiko pertama yang bisa terjadi dan paling banyak terjadi adalah bootloop, banyak pengguna android yang mengalami gagal root mengatakan bahwa perangkatnya mengalami gagal booting atau bootloop. Bootloop artinya android akan terus menerus macet di logo brand perangkat anda pada saat dinyalakan dan tidak bisa masuk ke tampilan home screen. Saya sendiri sering mengalami bootloop saat mencoba melakukan rooting, biasa nya bootloop terjadi karena berbagai alasan antara lain gagal flashing, overlock handphone android, memodifikasi sistem, dan juga mengubah isi build.prop. Namun jangan khawatir karena kita masih bisa melakukan flashing ulang agar Android bisa kembali seperti semula.

Garansi Hilang

Tanpa banyak diketahui orang, ternyata garansi bisa hilang jika kita me root android, nah pada saat kita melakukan proses rooting di ponsel android dan ternyata gagal maka mau dibawa kemana hp anda? Mau dibawa ke service center untuk minta garansi? Tidak bisa, maka bisa dipastikan kita tidak akan mendapatkan garansi walaupun masa berlaku garansi masih lama. Itu sebab nya pada waktu proses root, otomatis akan merusak dan melepas segel yang terpasang di smartphone android kita. Jadi untuk anda yang masih ragu ragu atau belum yakin untuk melakukan rooting sebaik nya dipikir kan lagi untuk kehilangan garansi atas  handphone kesayangan anda. Jika siap kehilangan garansi maka lakukan lah rooting tersebut.

Virus Android

Banyak pengguna android memiliki ponsel yang sudah diroot mengeluh,  karena ponsel mereka mudah sekali terkena virus. Ini terjadi karena firewall terbuka karena proses root. Akan tetapi hal ini bisa kita antisipasi dengan menginstall perangkat lunak antivirus yang sudah terpercaya dan yang mampu membersihkan virus di handphone android anda. Namun jika kita menggunakan nya secara wajar dengan tidak memasang aplikasi yang tidak jelas atau pun tidak meng klik tautan yang aneh aneh di media sosial saya rasa android anda akan aman aman saja. Karena sudah terbukti juga dengan saya, saya juga seorang pengguna android yang telah di root dan sampai sekarang handphone masih aman dan lancar.
Itulah beberapa bahaya melakukan root pada android, tapi dibalik bahaya itu jika anda sudah melakukan rooting pada android, anda akan bisa mengoprek android anda, misalnya dengan mengganti custom rom,  menjalankan aplikasi-aplikasi berbayar sehingga menjadi gratis, dan masih banyak lainnya manfaat dari root yang saya pribadi rasakan sendiri. Namun jika anda bukan orang yang suka meng oprek android dan takut dengan berbagai resiko di atas mungkin android pabrikan sudah cukup untuk anda gunakan sehari hari. Sekian artikel tentang bahaya melakukan rooting pada android semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Melakukan Root Pada Android "

Post a Comment