Cara Optimalkan Penggunaan Google Chrome di Android

Google Chrome adalah salah satu Browser yang paling populer dan banyak digunakan. Selain memiliki kinerja yang unggul, browser ini juga disukai karena banyak pengaturan yang dapat diubah secara manual untuk meningkatkan kinerja. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk memastikan kinerja tetap stabil tanpa masalah. Tidak hanya itu, bahkan Anda juga dapat menampilkan beberapa fitur tersembunyi. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:


Bersihkan cache  
Metode ini juga bisa dilakukan pada semua aplikasi yang terinstal pada Android. Jumlah temporary file yang disimpan dari aktivitas browsing menjadi salah satu hal yang membuat kinerja menjadi lambat. Temporary file sebenarnya berguna ketika membuka kembali situs yang sama lebih cepat. Tapi setelah waktu yang lama akan terus menumpuk yang akan membuat Chrome lebih lambat.Apakah saya pergi ke Settings (Android)> Aplikasi> Chrome. Gulir ke bawah dan tekan Hapus cache.

Tingkatkan memori
Chrome untuk Android juga memiliki pengaturan yang tersembunyi seperti versi desktop. Untuk mengaksesnya ketik chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area di address bar. Jika benar teks akan disorot dengan warna kuning. Tekan default dan pilih ke kapasitas RAM yang lebih tinggi. Tapi ingat jangan memilih jumlah yang sama dengan kapasitas RAM maksimal Android Anda. Setelah selesai, tekan Relaunce Now terletak di bagian bawah.

Aktifkan data Saver
Jika Anda membuka situs terlalu lama, Anda bisa mengaktifkan data Saver ini adalah fitur bawaan dari Chrome. Fitur ini bekerja dengan mengirimkan situs yang terbuka di server Google dahulu, dan akan dikompresi dan kemudian dikirim kembali. Proses ini akan membuat website menjadi lebih ringan karena data yang diambil lebih kecil dan tentu saja akan menghemat penggunaan kuota internet. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Settings> data Saver, dan atur ke posisi On.


Matikan JavaScript
Banyaknya animasi dari suatu situs memang membuatnya menarik tmapilanya. Tapi itu bisa memberatkan kinerja browser dan membuat penggunaan data menjadi lebih boros. Anda dapat menonaktifkan beberapa pengaturan yang salah satunya adalah mematikan JavaScript. Dengan mematikan JavaScript akan mempercepat waktu proses ketika membuka sebuah situs karena lebih ringan dan mengurangi penggunaan memori RAM di smartphone. Tetapi juga mempengaruhi tidak berfungsinya beberapa tampilan di situs tersebut, terutama yang berhubungan dengan animasi flash. Di menu Chrome, masuk ke Settings> Site Setting, mengatur JavaScript untuk posisi Blocked. 


Aktifkan Reader Mode
Bagi Anda yang hanya menggunakan layar berbasis teks, mengaktifkan Reader Mode bisa menjadi solusi agar lebih cepat dan juga menghemat penggunaan data. Mengaktifkan konfigurasi bisa dengan mengetikkan chrome://flag di address bar. Pada menu pilih Cari di halaman dan ketik Reader. Aktifkan Reader Mode pada icon Toolbar pilih Enable.






 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Optimalkan Penggunaan Google Chrome di Android"

Post a Comment