Tips Membuat Password Yang Kuat dari Microsoft






Password menjadi pondasi security yang paling banyak dipakai saat ini untuk hampir semua jenis akun. Untuk itu aman atau tidaknya suatu akun itu sangat tergantung dari kekuatan password yang kita buat. Lalu seperti apakah password yang kuat itu? Microsoft punya sedikit tips bagaimana cara membuat password yang kuat:

Password menjadi pengaman yang paling banyak digunakan saat ini untuk hampir semua jenis akun. Untuk itu aman atau tidak akun sangat tergantung pada kekuatan password yang kita buat. Kemudian sperti apa password yang kuat itu? Microsoft memiliki beberapa tips tentang cara membuat password yang kuat:

1. Panjang
Buat password dengan menggunakan minimal 8 karakter.
2. Kompleks
Selalu gunakan kombinasi huruf besar/kecil, angka, simbol dan tanda baca setidaknya tiga kombinasi. Semakin banyak kombinasi yang digunakan maka akan semakin kuat password yang kita buat.
3. Perbarui
Ubah password minimal dalam 3 bulan sekali. Buatlah pengingat untuk mengubah password Email, E-banking, Paypal, dan akun penting lainnya agar tidak lupa dalam memperbarui password.
4. Variasi
Jangan menggunakan password yang sama untuk semua akun. Hacker bisa mencuri password dari website yang security nya lemah dan menggunakan password tersebut untuk login di berbagai akun akun penting yang dimiliki sang korban. Untuk itu gunakan password yang berbeda untuk setiap akun, khususnya di akun penting seperti email, e-banking, dsb.
5. Uji Password
Uji password yang kamu gunakan dengan password checker tool dari Microsoft. Pastikan password kamu memiliki tingkat strenght antara Strong atau Best. 
6. Hindari Kesalahan Umum
Hindari berbagai kesalahan umum yang sering terjadi dalam pembuatan password seperti:
  • Menggunakan kata yang ada di kamus
  • Menggunakan kata yang dibalik, singkatan.
  • Menggunakan konversi huruf ke simbol yang sudah umum, seperti “dan” menjadi “&”, dsb.
  • Menggunakan karakter yang berurutan atau berulang, seperti 12345678, 222222, abcdefg, atau berurutan di keyboard (qwerty, asdfgh, dsb)
  • Menggunakan data personal yang mudah ditebak, seperti nama, tanggal lahir, nomor rumah, alamat rumah, dsb.
Itu adalah 6 tips membuat password yang kuat dari Microsoft. Selain menggunakan tips diatas, kamu bisa juga membuat password yang super aman dengan Password Card.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat Password Yang Kuat dari Microsoft"

Post a Comment