Kelebihan Microsoft Edge

Kelebihan Microsoft Edge

Microsoft edge merupakan penerus dari Browser Internet Explore yang diluncrkan bersamaan dengan Windows 10. Dibandingkan IE, aplikasi browser Microsoft Edge pun bakal mempunyai kemampuan yang lebih baik. Hal ini karena aplikasi tersebut mendukung penggunaan tulisan tangan serta terintegrasi dengan fitur Windows lainnya seperti aplikasi Cortana. Apa saja kelebihan dari browser baru besutan microsoft ini.

1. Web Note

Adalah sebuah alat yang membantu anda untuk mengambil gambar sebuah situs di browser Edge, menambah catatan-catatan kecil, mewarnainya dan menyimpan hasilnya atau bisa langsung dibagikan melalui berbagai media.
Menggunakan pulpen, stabilo dan penghapus yang dapat dikontrol dengan menggunakan mouse atau jari Anda (jika menggunakan layar sentuh), Anda dapat menggambar dan melukis sesuka anda di halaman yang telah anda tangkap.
Kemudian ada juga pilihan untuk menambahkan komentar tertulis yang kemudian dapat dipotong (cropping) untuk disimpan dalam ukuran yang Anda inginkan.
Setelah Anda selesai mengedit halaman yang anda tangkap, hasilnya dapat Anda simpan seluruhnya di dalam OneNote, menu favorit di dalam Edge, atau di Reading List. Atau jika anda ingin mengirimkannya pada teman atau kerabat Anda, hasil editan anda bisa dibagikan lewat email.

Web Note sangat berguna bagi pelajar yang sedang melakukan penelitian atau studi karena kemampuannya dalam menyorot teks dan menangkap gambar.
Ketika bekerja pun, Edge sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin menampilkan bantuan-bantuan visual seperti gambar yang hanya dapat diambil dari situs dalam proyek atau presentasinya.
Dalam browser lain, fitur seperti ini mungkin sudah ada lewat ekstensi dan plug-in. Namun pada Edge, fitur ini sudah tertanam tanpa harus memasangnya melalui pihak ketiga.


2. Easy Reading Tools

Pada browser Edge, tertanam dua buah aplikasi atau alat yang dapat memudahkan anda membaca secara online.
Alat yang pertama adalah alat yang dapat menghilangkan bagian-bagian yang tidak Anda butuhkan seperti iklan dan desain situs bernama Reading View. Fungsi dari alat ini adalah agar Anda dapat berfokus pada teks, gambar, dan video yang ingin dilihat.
Sebenarnya, aplikasi seperti ini ada pada browser Firefox dan Chrome yang bernama Evernote’s clearly, yang dengan pilihannya yang lebih beragam dibandingkan browser Edge.

Lalu apa yang membuat alat ini spesial?
Selain karena alat  tersebut built-in atau merupakan fitur bawaan,  Reading View juga siap digunakan di kebanyakan situs yang ada.
Untuk dapat mengetahui apakah sebuah situs dapat dilihat menggunakan Reading View, Anda tinggal melihat ikon buku yang ada di address bar; jika warnanya abu-abu berarti Reading View tidak tersedia, dan jika berwarna hitam, berarti alat ini tersedia dan siap untuk digunakan.

Alat lainnya yang ditujukan untuk rekan pembaca yang suka membaca secara online adalah Reading List, yang fungsinya untuk menyimpan artikel dan membacanya secara offline (dalam keadaan tidak terkoneksi dengan internet).
Alat ini sangat berguna bagi Anda yang menemukan artikel bagus di waktu sibuk dan karena kesibukan tersebut Anda tidak ada waktu untuk membaca.
Hanya dengan satu klik pada ikon bintang yang ada browser pada address bar kemudian pilih Reading List dan mengikuti beberapa langkah selanjutnya, Anda dapat menyimpan artikel yang Anda temukan.
Browser Safari pada apple juga memiliki fitur Reading List yang mirip dengan Edge. Sedangkan untuk Firefox dan Chrome, Anda dapat menggunakan ekstensi dari pihak ketiga seperti Pocket, Readability dan Instapaper.


3. Cortana

Bing dan Cortana memiliki peran yang sangat penting pada Edge, keduanya memberikan informasi ekstra dengan mudah.
Ketika menggunakan address bar, Bing akan memperlihatkan beberapa hasil pencarian ketika anda mengetik beberapa kata seperti ramalan cuaca, kinerja saham, rumus matematika dan status penerbangan.
Ketik sebuah rumus matematika dan jawabannya akan muncul dibawah address bar.

Jika Anda menyorot sebuah kata atau frase dalam sebuah halaman di suatu situs, klik kanan untuk dapat mendapatkan informasi tambahan yang akan langsung diberikan oleh Cortana.

Ia akan memperlihatkan pengertian dari sebuah kata atau informasi dari Wikipedia di sebuah menu yang terletak di kanan, jadi Anda tidak perlu membuka tab baru untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kata atau frase yang sudah Anda sorot.
Kemudian, jika pada situs yang berkaitan dengan  rumah makan dan bar, Cortana akan memperlihatkan peta, arah, ulasan, nomor telepon dan informasi lainnya yang berkaitan.

4. Performa Yang Lebih Baik

Dari segi performa ternyata mampu mengungguli Google Chrome.
Dari benchmark WebKit Sunspider, terbukti kalau Edge 112 persen lebih cepat dari Chrome. Sementara tes dari Google Octane dan Apple JetStream menyimpulkan kalau kecepatan Edge 11 persen dan 37 persen lebih tinggi dari Chrome.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelebihan Microsoft Edge"

Post a Comment