Jenis-Jenis Layar Pada Smartphone

 Jenis-Jenis Layar Pada Smartphone

Smartphone di jaman modern seperti sekarang merupakan sebuah kebutuhan utama. Karena smartphone sangat dibutuhkan maka banyak inovasi baru yang dikembangkan untuk mempermudah dalam menjalankan aktivitas, salah satunya adalah jenis layar yang digunakan di smartphone. Untuk menampilkan gambar yang bagus tentunya layar adalah hal yang paling bepengaruh. Ada berbagai jenis layar sentuh yang yang digunakan di berbagai smartphone yang penting untuk kita ketahui.
Berikut adalah jenis layar yang terpasang di berbagai smartphone.


TFT
Thin Film Transistor adalah tipe layar jenis yang menggunakan teknologi LCD yang berwarna terbaru sehingga mampu menghadirkan ketajaman warna lebih baik, jenis teknologi layar ini disebut Active-Matrix Color Display. Layar TFT menempatkan transistor di setiap piksel layar yang mampu dinyalakan dan dimatikan secara individual. Terdapat kelemahan dari layar LCD jenis TFT ini, yaitu relatif lebih mahal dan konsumsi baterai lebih besar ketimbang AMOLED. 


IPS
In Plane Swtiching Jenis layar ini banyak kita jumpai dalam smartphone kelas menengah ketas, namun sebelumnya perlu kita pahami tentang apa itu jenis layar IPS LCD. IPS (In Plane Swtiching) merupakan suatu panel teknologi LCD  yang mampu menampilkan banyak perbedaan ketika dipandang mata secara normal. Layar dengan teknologi IPS ini menawarkan hasil gambar yang sangat bagus dan cocok untuk fotografi. Sedangkan kelemahan dari layar yang menggunakan teknologi IPS LCD ini adalah konsumsi daya yang tergolong besar dan juga kecerahannya tidak bisa tampil sempurna.


AMOLED
Active Matrix Organic Light Emitting Diode merupakan jenis layar yang menggunakan teknologi OLED (Organic light-emitting diode) yang diklaim menghasilkan tingkat kehitaman lebih gelap, warna lebih cerah dan tampilan layar dapat terlihat jelas meski berada di bawah sinar matahari langsung. Adapun kelebihan dari AMOLED adalah penggunaan daya yang relatif lebih hemat. 
 

HAPTIC
Haptic telah digunakan oleh Blackberry dan Nokia untuk smartphone layar sentuh mereka dengan target pasar para pengusaha. Teknologi ini memberikan umpan balik taktil (sentuhan) pada saat layar disentuh sehingga memberikan konfirmasi langsung dan jelas kepada pengguna. Haptic telah terbukti secara signifikan meningkatkan kinerja pengguna, akurasi dan kepuasan saat mengetik pada layar sentuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Layar Pada Smartphone"

Post a Comment