Fitur Baru Windows 10



Fitur Baru Windows 10


Windows 10 Merupakan sistem operasi teranyar dari microsoft yang diperkenalkan pada 30 september 2014 dan dirilis pada 29 juli 2015. Windows 10 adalah perpaduan dari Windows 7 dan Windows 8. Windows 10 menghadirkan sejumlah fitur-fitur terbaru dan memungkinkan satu aplikasi bisa berjalan di semua jenis hardware, baik itu ponsel, tablet, hingga PC. Download Windows 10 Final

Pastinya dengan rilisnya sistem operasi baru ada juga beberapa fitur baru yang ditambahkan. Apa saja fitur baru windows 10 ini, silahkan simak artikel berikut ini.


1. Tombol Start Menu

Kenapa start menu merupakan salah satu fitur baru? Karena start menu adalah salah satu fitur utama dari yang dihilangkan pada sistem operasi windows versi sebelumnya. 
Tombol Start Menu di Windows 10 menampilkan dua bagian yang berbeda. Bagian pertama menampilkan ikon-ikon aplikasi secara konvensional, sementara bagian yang kedua menmpilkan ikon aplikasi bergaya antarmuka tile seperti di Windows 8. Dan ada fitur pencarian universal yang bisa menampilkan hasil pencarian di komputer dan juga akan menampilkan pencarian di internet.


2. Task View

Fitur ini merupakan fitur lama yang sudah ada di sistem operasi Linux, namun sekarang fitur ini bisa dinikmati oleh pengguna windows 10. Fitur ini seperti shortcut keyboard Alt+Tab atau Win+Tab di windows sebelumnya. Namun bedanya, fitur Task View ini memungkinkan aplikasi ditampilkan secara bersamaan dengan membagi layar hingga empat aplikasi.


3. Snap Assistant
Jika Anda menggunakan Windows 8 mungkin tidak asing lagi dengan fitur Snap. Pada Windows 10, fitur ini ditingkatkan lagi dengan snap assistant. Jadi saat membuka banyak aplikasi dan Anda men-snap salah satu aplikasi, snap assistant akan membantu pengguna untuk memilih aplikasi terbaik lain untuk di-snap.  


4. Universal Apps

Universal Apps merupakan masa depan aplikasi Windows, dimana aplikasi modern akan berjalan di semua jenis dan ukuran perangkat Windows. Mulai dari smartphone berukuran 4 dan 5 inci, tablet berukuran 7 hingga 12 inci, hingga monitor berukuran besar. Tidak hanya menguntungkan dan memudahkan bagi pengguna, hal ini juga memudahkan para developer karena hanya perlu membuat satu aplikasi untuk semua perangkat. 


5. Continuum
Microsoft akhirnya mengerti bahwa desktop dan tablet adalah dua dunia yang berbeda. Fitur ini hanya berlaku pada perangkat Hybrid seperti Surface Pro 3, Lenovo Yoga, dan lainnya. Jadi saat pengguna menggabungkan keyboard dan tabletnya maka akan masuk ke mode desktop, dimana terdapat Start Menu dan aplikasi modern ditampilkan pada desktop. Sedangkan saat pengguna melepas keyboard dan menggunakan touch screen maka akan masuk ke mode tablet. Pada mode ini Start Menu akan berubah menjadi full screen dan aplikasi modern juga ditampilkan dengan full screen serupa dengan Windows 8.1. 


6. Cortana
Cortana merupakan asisten digital pribadi yang sebelumnya eksklusif terdapat pada perangkat mobile milik Microsoft, Windows Phone. Namun kini, para pengguna PC dan tablet dapat menggunakan fitur ini langsung pada taskbar sistem operasi mereka.
Selain tombol Start Menu yang kembali hadir, Anda akan mendapatkan sebuah kolom pencarian yang terintegrasi langsung dengan Cortana. Di dalamnya, Anda dapat melakukan pencarian internet menggunakan Bing, mencari file di dalam hard drive Anda, atau menyimpan janji pertemuan pada aplikasi kalender yang Anda miliki. Anda juga dapat mengirim email dan meminta Cortana agar membacakan email tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Fitur Baru Windows 10"

  1. mantap gan keren keren fiturnya,, persiapan mau coba nih hhe

    ReplyDelete
  2. Wah fiturnya bagu-bagus jadi pengen download win10 :D

    ReplyDelete
  3. ane baru instal gan. cortana gimana pake nya gan ?

    ReplyDelete
  4. saya belum berkenalan dengan cartona nih, mantap gan. jadi semakin kenal dengan Win10 (y)

    ReplyDelete
  5. Wah semakin lama Windows semakin bagus deh fikturnya
    Makasih..... Artikelnya bermanfaat :)

    ReplyDelete