Cara Menghemat Daya Baterai Smartphone



Cara Menghemat Daya Baterai Smartphone


Baterai boros merupakan salah satu yang menjadi permasalahan saat menggunakan smartphone. Sering kali saat menggunakan smartphone tiba tiba ada peringatan bahwa baterai hampir habis, padahal belum terlalu lama. Jika terlalu sering di charge maka akan memperpendek umur baterai smartphone. 

Sebelum mengetahui cara menghemat baterai, ketahui dulu apa penyebab borosnya baterai pada smartphone. Untuk menhemat penggunaan baterai smartphone lakukan tips di bawah ini.


  1. Matikan Ponsel Smartphone Saat Tidak Digunakan. Saat tidak digunakan matikan smartphone, Tapi jika terlalu sering dimatikan dan dihidupkan akan membaut daya tahan baterai lebih cepat habis. Matikan smartphone jika tidak akan digunakan untuk beberapa jam.
     
  2. Matikan Mode Getar.  Meskipun sinyal getar memudahkan kita untuk tau ada panggilan masuk atau notifikasi lain, hal ini menggunakan banyak daya baterai. Bahkan mode getar menghabiskan lebih banyak baterai daripada mode ringtone. Matikan mode getarnya untuk menjaga daya baterai kamu tetap hemat dan tidak terbuang sia-sia.

  3. Atur Brightnes. Layar dengan tingkat kecerahan tinggi membutuhkan daya yang besar. Ketika membutuhkan baterai dengan daya tahan yang lama anda dapat mengubah tingkat kecerahan layar yang pas, misalnya ketika didalam ruangan di buat redup.  
  4. Matikan Konektivitas. Jika tidak sedang menggunakan smartphone, ada baiknya untuk mematikan konektivitas sepeti Bluetooth, Data, dan GPS karena hal itu akan membuang daya baterai kamu secara percuma. Hidupkan konektifitas hanya saat sedang diperlukan saja.  

  5. Merubah Koneksi. Jika sedang berada di daerah yang mendapatkan sinyal yang sedikit atau sering hilang, maka sebaiknya koneksinya dirubah. Jika sebelumnya menggunaka sinyal 3G, ubah menjadi EDGE atau GPRS. Karena dengan sinyal sering hilang smartphone akan terus berusaha untuk mendapatkan sinyal dan membat baterai semakin boros tentunya. Atau aktifkan mode airplane jika tidak mendapat sinyal sama sekali.

Setelah melakukan tips diatas ternyata baterai tetap boros ada baiknya untuk membawa baterai cadangan atau powerbank.

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Cara Menghemat Daya Baterai Smartphone"

  1. ternyata hp ane batrenya boros karena itu gan,,, brighdesnya terlalu cerah

    ReplyDelete
  2. wah menarik sekali gan artikelnya semoga bermanfaat ya

    ReplyDelete
  3. Makasih informasinya sangat membatu sekali :)

    ReplyDelete
  4. mau tanya gan,klw pake kabel usb yang berbeda dari bawaan hp ngaruh gakgan?soalnya kabel usb bawaan hp saya kan rudak jadi pake kabel usb lainya (punya bb) tapi perasaan sekarang batere hp saya lebih cepat habis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mempengaruhi bukan kabel datanya. yang peting adapternya

      Delete
  5. Thanks info sob. Sangat membantu

    ReplyDelete
  6. boleh juga nih tips, walaupun aku bukan penggemar smartphone

    ReplyDelete
  7. ijin coba gan , makasih tipsnya

    ReplyDelete
  8. nice share gan..
    moga" gak usah bawa power bang lagi

    ReplyDelete
  9. Thanks gan infonya :) ini yg ane cari nih, secara assus ane boros bgt

    ReplyDelete