Hal Hal Yang Harus di Perhatikan Saat Upgrade RAM Laptop

Perkembangan software komputer semakin cepat, spesifikasi yang di butuhkan juga semakin tinggi. Salah satu yang dibutuhkan agar dapat menjalankan software dengan lancar adalah RAM. Apa jadinya jika ram di laptop/notebook cuma berkapasitas kecil, mungkin akan mengalami hang atau lemot saat menggunakan software dengan spesifikasi yang komputer minim. 

Untuk melakukan upgrade ram ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan upgrade ram laptop/notebook. Berikut adalah ulasan mengenai hal hal yang harus di perhatikan saat upgrade ram.


1.    Kebutuhan Upgrade
Pertama yang perlu dilakukan pada saat ingin melakukan upgrade RAM yaitu Alasan kenapa dilakukan upgrade pada Notebook. Jangan sampai melakukan upgrade memori RAM karen ikut-ikutan dengan teman. Mungkin bagi teman-teman pada saat melakukan upgrade yang dirasakan adalah kecepatan menjadi lebih cepat dan stabil tetapi anda tidak pernah mengecek apakah pada saat anda melakukan upgrade Memori RAM Hardware dan software anda support. Jika tidak support maka dalam melakukan upgrade pun akan terasa sia-sia saja. Maka sebelum melakukan upgrade memori RAM perlu dicek spesifikasi hardware apakah support atau tidak.
2.    Jenis Processor 
      Pada dasarnya setiap processor mempunyai kriteria spesifikasi Memori yang berbeda antara processor satu dengan yang lainnya yang telah ditentukan oleh pembuat Processor. Sebagai contoh processor Intel® Core™ i3-2328M. Pada processor tersebut yang perlu dilihat yaitu seri/generasi processor tersebut biasanya disertakan dibelakang tulisan i3 dalam hal ini angka 2328M merupakan generasi processor tersebut. Untuk mengetahui spesifikasi memori dari processor Intel dapat dilihat di website berikut http://ark.intel.com.


Penjelasan Gambar :
Pada gambar diatas,yang terpenting adalah tiga komponen pertama yaitu :
*      Max Memory Size (Ukuran Maksimal Memory) 
      Merupakan ukuran maksimal pembacaan memory yaitu 16 GB. Maka Jika kita memasang memori dengan kapasitas lebih dari 16 GB yang terjadi adalah processor tetap hanya membaca memori 16 GB.
*      Memory Type (Tipe Memory)
Maksud dari Memory tipe adalah tipe dan kecepatan dari memori yang digunakan.Dalam gambar diatas tipe memorinya adalah DDR 3 dengan kecepatan maksimal 1333 Mhz. Oleh karena itu kita harus mengetahui tipe dan kecepatan memori RAM sebelum melakukan upgrade Memori RAM.
Dalam pemasaran RAM sekarang sudah diedarkan beberapa tipe dan jenis Memori RAM dari DDR1,DDR2 dan DDR3. Dalam pemasaran RAM sekarang sudah diedarkan beberapa tipe dan jenis Memori RAM dari DDR1,DDR2 dan DDR3.Dalam kasus ini saya akan mengambil contoh tentang tipe memori DDR3 yang beredar dipasaran yaitu :
Type Memory
Kecepatan Memory
PC8500
1060 Mhz
PC10600
1333 Mhz
PC12800
1600 Mhz
PC15000
1875 Mhz
PC16000
2000 Mhz

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar table dibawah ini :


 
Dari table diatas hanya terlihat type memorinya saja, bagaimana cara melihat kecepatan memori RAMnya?
Sebagai contoh yaitu Memori Ram PC3-10666 , Memori RAM tersebut dapat mengeksekusi sekitar 10666 Mbps (Mega Byte Per Second), dengan demikian  untuk menghitung kecepatan Memori RAM adalah 10666 Mbps/ 8 bit =1333,25 Mhz (1333 Mhz).
On memorry Channels (Dukungan chanel Memori)
Pada Gambar diatas disebutkan bahwa processor Intel® Core™ i3-2328M of Memory channels tertulis 2,maka processor tersebut support membaca ram Dual Channel begitu juga apabila tertulis angka 3 maka processor tersebut support Tripple Channel. 
  
3.    OS/Operating System
Selain Hal diatas installasi sistem operasi pada notebook/Laptop juga harus diperhatikan karena akan berpengaruh pada besarnya RAM yang terpasang pada notebook/laptop. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah masalah Sistem operasi yang terinstall pada notebook/laptop apakah 32 bit /64 bit karena akan mempengaruhi pembacaan RAM yang terpasang pada Notebook/laptop.
Sistem operasi baik Linux maupun windows itu mempunyai limit memori pada masing-masing tipe OSnya.Pada dasarnya perbedaan dari sistem operasi 32 bit dan 64 bit adalah banyaknya kapasitas register (tempat penyimpanan data yang bisa ditangani oleh CPU (Central Processing Unit) dalam satu kali perhitungan /operasi.pada sistem Operasi Windows 64 bit ruang penyimpanan pada register lebih banyak dari pada sistem operasi 32 bit.

Untuk mengecek jenis processor support 64 bit dapat melihat pada situs intel berikut http://ark.intel.com jika processornya Intel.jika tidak support 64 bit berarti hanya bisa diinstalli sistem operasi 32 bit saja.

Untuk melakukan upgrade ram perhatikan hal hal dia atas dan perhatikan budget yang dimiliki.

Referensi : www.komputerjaringan.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal Hal Yang Harus di Perhatikan Saat Upgrade RAM Laptop"

Post a Comment