Cara Downgrade dari Windows 10 ke Windows 8 atau Windows 7

Windows 10 adalah sistem operasi terbaru besutan Microsoft yang resmi dirilis pada 29 Juli 2015 menggantikan Windows 8.1. Beberapa user yang sudah upgrade dari windows sebelumnya ada yang beberapa kurang puas, mungkin karena driver tidak kompatibel atau tidak terbiasa menggunakan windows 10. 

Cara Downgrade dari Windows 10 ke Windows 8.1 atau Windows 7 sebenarnya mudah, namun kalian harus memiliki folder Windows.old. Apabila folder Windows.old sudah di hapus, maka kalian hars melakukan clean install. Folder Windows.old terletak pada C:\



Untuk melakukan proses downgrade hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.


  1. Klik Start Menu --> Settings --> Update & Security --> Pilih Recovery.
  2. Selanjutnya kalian pasti akan melihat pilihan seperti "Go back to Windows 7″ atau “Go back to Windows 8.1″. Apabila kalian sudah menghapus folder Windows.old atau sudah melebihi waktu 30 hari setelah upgrade ke Windows 10, maka pilihan ini akan hilang.

  3. Klik "Get Started", kemudian Microsoft akan menampilkan jendela feedback kenapa ingin kembali ke versi Windows sebelumnya, Isi terserah. Jika sudah selesai klik Next dan tunggu hingga proses downgrade selesai.


    Jika ingin downgrade setelah masa  rollback 30-hari berakhir. Cara satu-satunya harus melakukan clean install dari disc Windows 7 atau Windows 8.

    Windows 10 memang menawarkan berbagai macam fitur menarik seperti Modern Apps, Cortana, dan sebagainya. Namun tidak semua orang dengan fitur-fitur tersebut dan lebih memilih Windows lama dibandingkan Windows 10.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Downgrade dari Windows 10 ke Windows 8 atau Windows 7"

  1. masih bertahan di windows 8.1 , kalau folder windows old copy dari laptop lain bisa ga ?

    ReplyDelete
  2. Udah Windows 10 kenapa ganti lagi ke Win7/8?? mungkin gak enak kali ya di Win10,soalnya Software + Game bajakan itu dilarang

    ReplyDelete